Hubungan Kebersihan & Kesehatan.

kebersihan

Kebersihan & Kesehatan

Kebersihan dan Kesehatan Sangat Berkaitan, Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit. Banyak penyakit yang tersebar saat bakteri berbahaya pindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung, seperti bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, atau kontak tidak langsung, seperti menyentuh suatu barang yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi.

Kebersihan diri tidak hanya penting bagi kita, namun juga bagi orang di sekitar kita. Kebersihan diri seseorang dapat berdampak pada bagaimana cara orang lain melihat dan memperlakukan kita, sehingga dapat dikatakan bahwa hal ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu Agama islam sangat Memperhatikan Kebersihan, Bahkan secara jelas, Allah Ta'ala Menyebutkan Bahwa Allah Mencintai Orang yang Menjaga kebersihan.

Allah Ta'ala Berfirman,

وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah : 108).

Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam, juga sangat Menekankan Kepada Ummatnya agar Senantiasa menjaga kesehatan, beliau bersabda:

الفطرةُ خمسٌ ، أو خمسٌ من الف طرةِ : الختانُ ، والاستحدادُ ، ونتفُ الإبطِ ، وتقليمُ الأظفارِ ، وقصُّ الشاربِ

“Sunnah fitrah ada lima, atau lima hal yang merupakan fitrah: khitan (sunat), istihdad (mencukur rambut kemaluan), memotong kuku, mencukur kumis, dan mencabut rambut ketiak.” (HR. Bukhari no.5889, Muslim no.257).

Dalam hadits di atas, Nabi Muhammad Menjelaskan Beberapa Hal yang dicintai oleh Tabiat manusia, diantaranya Khitan (Sunat) yang memiliki banyak sekali manfaat bagi seorang laki-laki seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini.

Menjaga kebersihan

Khitan membuat pria lebih mudah membersihkan organ intimnya. Kebersihan organ intim tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular yang mematikan.

Mencegah infeksi

Sebenarnya risiko serangan infeksi saluran kemih pada pria tidak begitu tinggi ketimbang wanita. Namun infeksi lebih mudah menyerang pria yang organ intimnya tidak dikhitan.

Mencegah penyakit

Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Namun tetap saja, seks dengan pengaman tetap dianjurkan meski sudah berkhitan.

Mencegah inflamasi

Bagian ujung organ intim pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Mencegah kanker

Terakhir dan tidak kalah penting, manfaat khitan bagi kesehatan pria adalah mencegah kanker. Bahkan pria yang berkhitan juga membantu pasangan menurunkan risiko kanker serviks.

Selain Khitan, istihdad (mencukur rambut kemaluan), memotong kuku, mencukur kumis, dan mencabut rambut ketiak juga memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu mengurangi tempat bagi para kuman. Diantara upaya menjaga Kebersihan diri adalah dengan Rutin Menyikat Gigi, minimal 2 kali sehari, yaitu bangun tidur dan ketika hendak tidur. Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan,

نَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ، يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

Nabi Shollallahu’alaihi wassalam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak. (HR. Bukhari 245 dan Muslim 255)

Ada banyak manfaat ketika orang melakukan gosok gigi ketika bangun tidur. Terutama mereka yang hendak shalat. Disamping menyegarkan, gosok gigi menghilangkan bau mulut sehingga tidak mengganggu Malaikat yang turut hadir ketika dia shalat malam.

Mandi Juga Merupakan Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, Lebih-lebih di daerah tropis seperti Indonesia, dimana Kebiasaan Mandi 2 kali sehari menjadi hal yang kudu dilakoni agar badan tetap segar.

Bahkan di daerah Dingin sekalipun, seseorang tetap harus mandi, minimal 1 kali sepekan. Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam bersabda,

لِلَّهِ تَعَالَى عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ حَقٌّ أَنْ يَغْتَسِلَ فِى كُلِّ سَبْعَةِ أَيَّامٍ يَوْمًا

“Hak Allah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim adalah ia mandi dalam satu hari dalam sepekan dari hari-hari yang ada (yaitu hari jumat, pent-).” (HR. Bukhari no. 898 dan Muslim no. 849).

Begitu pentingnya kebersihan, maka mari kita menjaganya agar kesehatan senantiasa menemani kita.

Penulis: Ustad Ahfadz